Tuesday, January 16, 2018

Tutorial Htaccess #2: Membuat Halaman 404


Pada tutorial selanjutnya, kita akan membahas cara membuat halaman 404 dengan htaccess, sebelumnya kita telah membahas cara membuat clean URL dengan htaccess, jadi kalau yang belum baca tutorialnya silahkan dibaca dulu, karena tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial sebelumnya yang telah disebutkan sebelumnya.

Baca Juga Cara Membuat Clean URL Dengan Htaccess

Oke Kita Lanjut...

Masih berada pada folder htaccess yang telah dibuat pada tutorial sebelumnya, silahkan buat lagi sebuah file bernama 404.html atau dengan nama lain juga silahkan, tidak jadi masalah.

Saatnya Ngoding...

Kemudian, silahkan tulis syntax HTML, atau copy dan paste juga silahkan, berikut syntaxnya.
Setelah menuliskan syntax HTML diatas, kemudian tambahkan syntax CSS seperti berikut.
Untuk hasinya, dapat dilihat gambar dibawah ini.

Bagaimana menurut anda, bagus atau tidak designnya ?

Kalau menurut anda tidak bagus, ya tak apalah...

Implementasi...

Setelah mendesign halaman error 404, kita lanjut ke htaccessnya, buka file .htaccess yang telah dibuat sebelumnya, lalu tulis syntaxnya seperti berikut.

Kemudian buka web browser yang dipakai, lalu ketikan alamat URL localhost/htaccess, lalu klik link "Lihat Profile", hasilnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Jika menggati alamat URL menjadi localhost/htaccess/usernames/karismaulana, hanya mengganti username menjadi usernames penambahan (s) pada akhirnya, maka akan diarahkan ke halaman 404 karena alamat URL nya salah, seperti gambar dibawah ini.


Bagaimana, sulit atau tidak ?

Saya rasa tidak begitu sulit, karena tidak bermain logika.

Itulah cara membuat halaman 404 dengan Htaccess, saya yakin teman teman pasti bisa, kami minta pada kalian jika ada kesalahan, kekurangan atau hal hal lainya silahkan tuliskan komentar anda pada kolom komentar dibawah ya, Terima Kasih.

Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment