Tuesday, January 16, 2018

Cara Membuat Visitor Counter Dengan PHP MySQL

Pada tutorial kali ini kita akan belajar cara membuat visitor counter atau menghitung banyak pengunjung berdasarkan IP Address nya menggunakan PHP dan MySQL, gunanya untuk mengetahui seberapa banyak orang yang telah mengunjungi website atau blog kita, jika anda pernah menggunakan CMS Blogger, terdapat fitur memantu seberapa banyak visitor/pengunjung yang telah mengunjungi blog/website kita, kita akan buat mirip dengan hal tersebut dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL, yuk kita mulai belajarnya, yang semangat ya.

Alurnya begini..

Jika seseorang pernah berkunjung ke website atau blog kita tentu dia tidak akan akan terhitung lagi menjadi seorang visitor baru namun jika seseorang adalah orang yang baru mengunjungi website atau blog kita, maka ia akan terhitung menjadi visitor baru. Langsung kita mulai belajarnya.

Persiapan..

Sebelum mulai ngoding kita persiapan dulu, pertama buatlah folder bernama visitor pada htdocs bagi yang memakai XAMPP atau pada html bagi yang memakai Lamp Stack, lalu didalam folder visitor buatlah folder bernama app dan file bernama index.php, didalam folder app buatlah file bernama visitor.php. herarki file dan foldernya dapat dilihat pada gambar berikut.

Setelah itu, buatlah sebuah basis data/database bernama website, setelah itu buatlah tabel bernama visitor, lalu pada table visitor buat lah beberapa fields seperti gambar berikut.
  • id | INT (11) | NOT NULL |  AUTO_INCREMENT |  PRIMARY KEY
  • page_location | VARCHAR(255) | NOT NULL
  • ip_address | VARCHAR(255) | NOT NULL

Yuk Kita Ngoding..

Selanjutnya, buka softaware text editor, lalu tambahkan folder visitor ke text editor masing masing, lalu pada file visitor.php yang berada pada app/visitor.php, tuliskan syntax seperti berikut.

Setelah itu, pada file index.php yang berada pada visitor/index.php, tuliskan syntax seperti berikut.


Implementasinya

Selanjutnya, buka web browser, kemudian ketikan URL "localhost/visitor", hasilnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


Perhatian Perhatian...

Jika merefresh browser maka halaman yang telah dikunjungi akan terus bertambah, jika kita hanya menggunakannya pada server local atau localhost maka total pengunjungnya tetap 1, karena IP Addreess nya sama seperti namun total halaman dikunjungi akan terus bertambah jika direfresh berulang ulang, namun jika menggunakan server public maka total pengunjug akan bertambah karena akan diakses oleh IP Address yang berbeda beda.

Demikian tutorial cara membuat visitor counter dengan PHP dan MySQL, kami minta nih pada kalian jika ada kesalahan dan kekurangan silahkan tuliskan komentar anda pada kolom komentar dibawah ya, Terima Kasih.

Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment